Senin, 14 Januari 2013

Langkah-Langkah Melakukan P3K

di dunia ini, pasti sering sekali terjadi kecelekaan, dari kecelakaan kecil maupun besar. dan jika kita tidak sempat memangil pertolongan atau ambulance, lebih baik kita melakukan P3K yaitu sebagai berikut :
  1. Lakukan Pertolongan Pertama
    pemimpin P3K memberikan petunjuk pada yang lainnya yang memindahkan korban pada tempat yang lebih aman jika diperlukan, dan melakukan pemeriksaan utama untuk mengetahui dan memberikan pertolongan jika kondisi penderita sangat fatal. Pemimpin P3K harus meletakan pemeriksaan ABCD (airway + breathing + circulation + deadly bleedng) dan melakukan CPR (pernapasan buatan) jika diperlukan.
  2. Lindungi Korban
    Pemimpn P3K harus mewaspadai tanda-tanda dan gejala-gejala shock. selain itu juga, memberikan perlindungan, pakaian kering, dukungan psikologis, dan perawatan yang sensitif.
  3. Periksa Luka Lainnya
    Pemimpin P3K harus memeriksa jika ada luka atau keluhan lainnya pada korban, dan mencatatnya agar bisa dilaporkan pada tenaga medis nantinya.
  4. Buat Rencana
    Ketua Kelompok, setelah berunding dengan pemimpin P3K, harus memutuskan cara yang baik untuk melakukan evakuasi korban.
  5. Membawa Korban
    Jaga dan ingat kebutuhan korban. secara teratur memeriksa dan memonitor keadaan korban dan juga kemajuan rencana evakuasi.
Keterangan :
  • Airway : membuka jalan saluran pernapasan.
  • Breathing : memberi pernapasan buatan.
  • Circulation : memacu kelancaran aliran darah yang terhenti sementara yang ditunjukan denyut jantung atau tekanan darah untuk menghasilkan denyut.
  • Deadly bleeding : mencegah bila terjadi pendarahan yang hebat. 
semoga informasi ini bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari anda.

sumber : PENJASORKES | Sparno . Suwandi | PT Bumi Aksara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan tidak melakukan spam
Terima Kasih :)