Jumat, 19 April 2013

Cara Merawat Komputer Anda dari Lemot Lambat Lelet dan Berat

Cara merawat komputer dari lelet lemot lambat
Di jaman sekarang yang serba canggih ini, siapa sih yang tidak kesal bila mempunyai komputer yang lemot atau lelet?
semua orang pasti membencinya, komputer yang lemot itu sangat menyulitkan kita dalam melakukan pekerjaan atau aktifitas di depan komputer, selain selalu membuat pemakainya emosi, juga sangat membuang-buang waktu kita untuk bersabar menunggu komputer yang lemot sedang bekerja tersebut.

Nah, sebenarnya penyebab komputer yang lemot atau lelet tersebut sangatlah sederhana, diantaranya karena komputer anda memang sudah terinfeksi virus, atau komputer anda sudah dipenuhi dengan banyak file-file sampah (cache) yang tidak berguna, tetapi sangat mengganggu komputer anda.

Sekarang saya akan memberitahu anda sedikit tips untuk menjaga agar komputer anda tetap stabil dan tidak menjadi lelet atau lemot, diantaranya :

  1. Bersihkan selalu komputer anda dengan Disk Cleanup
    setiap aktifitas kita di komputer pasti mempunyai file-file sampah atau cache, nah semakin lama anda menggunakan komputer anda, maka semakin banyak pula file sampahnya, apalagi jika kita sedang bermain game-game yang berat sekali atau game online, pasti akan menyisakan banyak sekali file-file sampah. maka dari itu lakukanlah selalu pembersihan komputer anda dari file-file sampah secara rutin dengan menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Disk Cleanup.
    Klik Start > All Programs > Accesories > System Tools > Disk Cleanup
     
    silahkan pilih partisi yang mau di scan, klik OK.
    Disk Cleanup akan menscan beberapa saat sampai muncul hasil scannya
     

    silahkan pilih file sampah yang mau dihapus, saya biasanya menghapus semuanya, dan biarkan Disk Cleanup bekerja, jika telah selesai Disk Cleanup akan hilang dengan sendirinya.
  2. Install lah antivirus yang terpercayavirus merupakan salah satu penyebab komputer anda menjadi lelet, karena jika komputer anda terinfeksi virus, virus tersebut akan terus menghasilkan file-file yang tidak berguna dan memperbanyak dirinya sehingga memakan banyak RAM komputer anda, hal semacam ini harus dicegah sedini mungkin yaitu dengan meng-install antivirus terpercaya dan harus rutin diupdate.
Nah, itulah menurut saya penyebab-penyebab komputer anda mengalami kelemotan atau lelet, silahkan dicoba semoga berhasil  ^^

3 komentar:

  1. terima kasih gan tutorialnya...
    sangat bermanfaat utk ane yg newbie ini tentang komp

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas sharingnya... Sangat berguna karena laptop saya jg sedang sedikit lemot.. Tapi kalo misalnya laptop sya sendiri sudah terkena virus, bgmn yah cara menangulanginya??? Karena antivirus utk mencegahkan, bkn mengobati.. Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jika laptop anda sudah terlanjur terinfeksi virus jadi lebih merepotkan, lebih baik di install ulang OSnya, backup data-data penting terlebih dahulu.
      lain waktu, pastikan anda mempunyai antivirus yang selalu di update sebelum memasukan file lain ke dalam komputer/laptop anda, serta hati-hati dalam membuka file-file asing, perhatikan ekstensi filenya, biasanya virus mempunyai ekstensi .exe, tetapi iconnya berupa dokumen seperti word, excel, dll. Sehingga jika tidak berhati-hati anda akan tertipu.
      Thx komentarnya :)

      Hapus

Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan tidak melakukan spam
Terima Kasih :)